Peribahasa lama “Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri China” memang pantas untuk mengobarkan semangat menuntut ilmu. Mencari ilmu sampai ke negeri seberang akan tidak hanya akan mendapatkan ilmu tertulis di kelas namun juga akan memberikan banyak pengalaman hidup. Mulai dari bersosialisasi dengan penduduk sekitar hingga belajar kebudayaan dan kebiasaan yang tentu saja tidak akan didapatkan jika hanya belajar di lingkungan rumah. Namun akan lebih banyak biaya yang ditanggung seperti biaya transport, biaya hidup dan biaya kuliah. Tetapi, selalu ada jalan bagi orang-orang yang memiliki keinginan yang sungguh-sungguh. Berikut ini daftar negara dengan pelayanan pendidikan gratis bagi pelajar luar negeri.

1. Singapura

Pendidikan di negeri ini sangat dihormati dunia, salah satunya karena melahirkan banyak cendekiawan bidang eksakta. Singapura sangat tegas dalam bidang pendidikan sehingga menadapt julukan pressure cooker. Tetapi di sisi lain, Singapura juga memberikan banyak beasiswa untuk pelajar internasional yang ingin menimba ilmu di negara ini. Berlatar hal tersebut, Singapura cocok untuk pelajar bidang ilmu pasti dan tentu saja kuat akan tekanan pendidikan di negari ini.

2. Finlandia

Negeri ini telah dikenal dengan pendidikannya yang luar biasa dan tidak seperti yang lain. Indonesia pun mengambil beberapa cara Finlandia mendidikan generasi penerusnya ini. Metode pembalajaran di Finlandia mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas, strategi pembelajarannya yaitu kelompok atau kolaborasi. Cara ini efektif i zaman digital seperti ini dan cocok pula untuk pelajar dari berbagai negara untuk lebih mengenal lingkungannya. Negara di Benua Eropa ini juga tergolong tinggi dalam memberikan beasiswa pelajar internasional baik beasiswa penuh ataupun hanya biaya sekolah saja.

3. Amerika Serikat

Telah banyak diketahui bahwa banyak pelajar ataupun mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Negeri Pamansam ini. AS cukup terbuka dengan para penuntut ilmu dari berbagai negara dengan memberikan beasiswa yang bermacam-macam. Banyak pilihan universitas dan jurusan yang membuka beasiswa khusus pelajar Indonesia. Jika ingin menuntut ilmu di Benua Amerika tentu AS  adalah pilihan teratasnya. Bahkan tak hanya beasiswa sekolah, AS juga memberikan kesempatan pelajarluar negeri untuk secara khusus mempelajari budaya di negeri ini.

4. Australia

Benua kecil ini juga masuk dalam negara dengan pelayanan pendidikan gratis bagi pelajar internasional. Bahkan secara khusus, Australia memberikan beberapa beasiswa khusus pelajar Indonesia untuk kuliah di beberapa kampus ternama di negeri ini. selain itu, Australia dapat menjadi alternatif bagi para pemburu beasiswa karena di negara ini sangat terbuka dengan muslim sehingga tidak sulit mencari masjid atau makanan halal.

5. Jerman

Jika bersekolah di negeri ini, tentu tidak hanya bahasa inggris yang akan dipelajari. Para pelajar juga secara langsung belajar bahasa ibu masyarakat Jerman sekaligus. Kampus-kampus ternama di Jerman juga sangat terbuka dengan mahasiswa asing dari manapun sehingga tidak perlu ragu memilih negara ini. Jerman tak hanya membuka pelayanan pendidikan gratis namun juga magang. Perusahaan di negeri ini sangat maju baik tata kelolanya ataupun teknologinya sehingga pantas untuk mencari banyak ilmu di negara Jerman ini.

6. Mesir

Negeri ini juga masuk dalam negera favorit bagi pemburu beasiswa dari Indonesia. Beasiswa untuk penghafal Al-Quran atau Hafidz/Hafidzah sangat banyak dari negara ini dan rutin dari tahun ke tahun. Ilmuwan Indonesia banyak dilahirkan dari universitas ternama di Mesir ini salah satunya Universitas of Cairo. Jika latar pendidikan pesantren atau ingin melanjutkan ilmu agama Islam maka Mesir masuk dala daftar teratas.

Enam pilihan negara dengan pelayanan pendidikan gratis sangat baik. Agar tidak salah negara, maka pastikan terlebih dahulu jurusan yang ingin ditempuh. Semua beasiswa yang disediakan oleh negara-negara di atas harus melewati penyaringan yang ketat. Jadi, hal penting lain yang tidak kalah penting ialah pemburu beasiswa harus bermental baja. Sekali atau dua kali ditolak tidak boleh menghentikan niat menuntut ilmu tersebut. Oleh sebabnya, seorang penuntut ilmu tidak boleh menyerah sebelum tercapai tujuannya.