Beras adalah makanan pokok seluruh umat manusia di dunia yang memang tidak dapat terpisahkan dengan masyarakat dunia. Jadi, tidak hanya masyarakat Indonesia, namun juga beberapa masyarakat di Asia tenggara juga telah menjadikan beras sebagai sumber energi makanan pokok sehari-hari. Oleh karena itu di Asia Tenggara, memiliki negara penghasil beras terbesar di Asia Tenggara terhitung sejak dulu hingga tahun 2020. Hal ini namun terkadang belum diketahui oleh banyak masyarakat.
Ditambah lagi, negara-negara asia tenggara yang merupakan penghasil padi tersebut adalah lumbung padi yang mayoritas masyarakatnya bergerak dibidang pertanian atau agraria. Tidak hanya di ekspor ke negera-negara sesama Asia Tenggara, negara-negara luar juga mendapatkan beras dari negara-negara tersebut. Berikut ini ulasan tentang negara penghasil beras tersebut yang banyak tidak diketahui masyarakat ini bisa dijadikan referensi. Diantaranya sebagai berikut :

1. Indonesia

Negara penghasil beras terbesar di Asia Tenggara pertama adalah Indonesia, tentunya itu tidak mengagetkan bukan karena memang Indonesia terkenal dengan tanah surga. Sudah wajar, jika Indonesia salah satu negara lumbung padi di Asia Tenggara. Karena jika dilihat dari sektor wilayahnya yang strategis banyak masyarakatnya yang bergerak dibidang pertanian dan bekerja sebagai petani. Terbukti di tahun 2019, produksi beras Indonesia mencapai 26,91 juta ton

2. Thailand

Negara kedua yang merupakan negara penghasil beras terbesar di Asia Tenggara adalah Thailand yang disebut negara gajah putih. Sejak zaman dahulu, negara ini kayak akan berasnya yang berlimpah, bahkan Indonesia sering mengimportir beras dari Thailand. Tidak hanya itu, negara ini termasuk dalam negara yang kaya, bahkan sebanyak 20.700.000 ton beras di produksi Thailand yang tentunya cukuplah menakjubkan bukan jumlahnya.

3. Vietnam

Kemudian, negara ketiga yang juga merupakan negara penghasil beras terbesar di Asia Tenggara adalah Vietnam, dengan ibu kotanya adalah Hanoi. Negara ini menjadikan beras sebagai prioritas utama eksportir ekonomi hal itu tentunya wajar membuat Vietnam menjadi salah satu negara yang mampu menghasilkan beras dengan jumlah banyak. Dimana, banyak sekali negara-negara lain yang membeli beras dari Vietnam. Dalam setahun, negara ini bisa menghasilkan beras sebanyak 29.069.000 ton pertahunnya.

4. Filipina

Negara asia tenggara selanjutnya yang merupakan penghasil beras di Asia tenggara adalah Filipina memiliki masyarakat yang tidak jauh dengan Indonesia. Di mana, banyak masyarakat di negera tersebut bekerja sebagai petani padi. Apalagi berdirinya IRRI yaitu International Rice Research Institute semakin membuat beras asal negara Filipina menjadi terkenal di kawasan International. Karena beras Filipina merupakan beras berkualitas terbaik di dunia.

5. Myanmar

Negara terakhir yang dikenal sebagai negara penghasil terbesar dikawasan Asia Tenggara adalah Myanmar. Walaupun tidak sebanyak negara yang disebutkan di atas namun jangan salah, Myanmar juga cukup banyak menghasikan beras. Negara ini merupakan negara yang telah menjadi produsen beras nomor tujuh di dunia, dimana sebanyak 13.120.000 ton beras diproduksi tiap tahunnya. Tidak hanya itu, sebanyak 10.200.000 ton beras dikonsumsi oleh masyarakat Myanmar didalam kehidupan sehari-hari, sangat fantastik.
Demikianlah penjelasan mengenai negara penghasil beras terbesar di Asia Tenggara yang banyak belum diketahui masyarakat sehingga sangat cocok dijadikan referensi pengetahuan baru. Semoga informasi ini bermanfaat untuk semuanya. Terutama, sebagai masyarakat Indonesia harus bersyukur dan bahagia karena Indonesia adalah negara yang kaya dan terkenal dengan kualitas beras yang bagus dan terbaik. Oleh karena itu, mulai hari ini berterimakasihlah kepada para petani Indonesia